Polsek Blahbatuh Sosialisasikan Sejarah Kepahlawanan Komisaris Jenderal Polisi Dr H. Moehammad Jasin

GIANYAR BLAHBATUH-Polsek Blahbatuh melaksanakan Sosialisasi Sejarah Kepahlawanan Komisaris Jenderal Polisi Dr H. Moehammad Jasin, Kamis/13 Juni 2024.

Kegiatan Sosialisasi dipimpin oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Berata, S.H. dengan pembawa materi sosialisasi Kanit Binmas Iptu I Wayan Sukarta.Sosialisasi dihadiri dan diikuti oleh Wakapolsek Blahbatuh AKP I Nyoman Gde Budiarta,S.H., para Kanit/Kasi, Panit dan seluruh anggota Polsek Blahbatuh.

Adapun materi yang dibawakan yakni mengenal perjuangan Komisaris Jenderal Polisi Dr H. Moehammad Jasin yang merupakan Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 116/TK/Tahun 2015 pada tanggal 5 November 2015. 

Nilai perjuangan beliau sebagai Pahlawan di Balik Pertempuran Surabaya,  Komandan Tokubetsu Keisatsukai (Polisi Istimewa) dan Beliau juga dikenal sebagai Bapak Brimob Polri. Beliau memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Dia menjadi komandan tokoh BPUPKI di Surabaya, yang merupakan satu kesatuan politik yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang.

M. Jasin juga terlibat dalam pertempuran di Surabaya setelah proklamasi kemerdekaan, yang memelopori kesadaran akan kemampuan diri sendiri dan identitas bangsa serta membangkitkan militansi pemuda-pemuda di Surabaya.

Komisaris Jenderal Polisi Dr H. Moehammad Jasin menghembuskan nafas terakhir pada hari Kamis tanggal 3 Mei 2012 pukul 15.30 WIB. Almarhum tutup usia dalam usia 91 tahun di RS Polri Kramat Jati. Dan Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (*)

from Blogger https://ift.tt/342tnP6
via IFTTT

Tinggalkan komentar